Selasa, 12 Oktober 2010

TIPS MERAWAT BATERAI HANDPONE



Sungguh pesat sekali perkembangan fitur dan teknologi hape saat ini. Jika sekitar dekade lalu layar hape masih monokrom, kini layar hape secerah dan setajam silet…eh setajam monitor PC maksudnya. Namun, seiring pesatnya perkembangan fitur dan teknologi hape sayangnya tidak diimbangi dengan teknologi baterai yang handal. Akibat fitur layar super cerah dan tajam, koneksi cepat seperti 3G dan HSDPA atau fasilitas GPS, baterai hape kerap cepat terkuras. Hal ini juga dialami oleh ponsel pintar seperti iPhone.
Harap maklum, layarnya yang tajam serta fiturnya yang beragam berpengaruh kepada baterai ketika terus-terusan dipakai, meski dalam durasi waktu yang sebentar sehingga bikin baterai hape cepat drop.

But don’t worry, para pengguna iPhone dapat mengantisipasinya dengan melakukan beberapa trik penghematan baterai. Pengaturannya gampang kok. Anda dapat dengan mudah melakukan proses penghematan baterai melalui fitur-fitur yang ada di iPhone.

Hilangkan Getarnya
Ngegame di iPhone emang sangat mengasyikkan. Tapi jangan terus-terusan menggunakan fitur getarnya. Gunakan kadang kala saja agar tidak menguras baterai. Setel penonaktifan ini di area pengesetan setiap game yang ada fitur getarnya.

Kurangi dulinan 3D
Ada beberapa program iPhone yang menampilkan visual dalam bentuk 3D (tiga dimensi), seperti games. Proses menampilkan visual 3D ini membutuhkan kinerja ponsel yang lebih keras sehingga seringkali menurunkan kapasitas energi baterai dengan cepat. Hematnya, gunakan aplikasi ini sejarang mungkin agar energi baterai lebih irit.

Kurangi Pencahayaan Layar
Layar iPhone terkenal terang dan tajam. Namun, jangan atur tingkat pencahayaan ini hingga titik maksimal, karena tentu akan menguras energi baterai. Biar nggak nguras energi baterai, pencahayaan bisa diset di nilai 10%-20% saja. Menu pengaturan ini ada di [Setting] > [Brightness].

Nonaktifkan Wi-Fi
Jangan panjer sinyal Wi-Fi secara terus-menerus. Silahkan aktifkan Wi-Fi dan pemindai hotspot jika diperlukan saja. Untuk menonaktifkan Wi-Fi diset di [Setting] > [General] > [Network] lalu atur menu “Enable 3G” ke opsi [Off].

Matikan Bluetooth
Seperti halnya Wi-Fi, yang namanya Bluetooth juga berperan dalam hal menguras energi baterai jika tidak dimatikan, karena seperti yang telah kita ketahui fitur ini akan mencari dan menerima sinyal Bluetooth yang ada di sekitarnya. Untuk menonaktifkannya pilih [Setting] > [General] > [Bluetooth] lalu set opsi [Off].

Nonaktifkan Airplane Mode
Mode ini juga dapat difungsikan dalam menghemat baterai. Untuk menghemat baterai, lebih baik aktifkan Airplane Mode ketika masuk hutan atau daerah terpencil dan dinonaktifkan saja agar hape tidak terus-menerus berusaha mencari sinyal selular pada daerah yang Anda ketahui susah mendapatkannya.

Nonaktifkan Location Service
Menggunakan fasilitas Location Service seperti Google Maps atau GPS juga akan berdampak pada energi baterai. Jika tidak membutuhkan layanan ini, ada baiknya dinonaktifkan saja lewat [Setting] > [General] > pilih [Off].

Atur Autolock
Ketika iPhone sedang tidak digunakan, maka layar akan menonaktifkan dirinya sendiri secara otomatis. Fasilitas outlock ini diatur dalam durasi waktu sehingga dalam waktu tertentu tidak terpakai autolosk atau pengunci layar ini akan langsung aktif dengan sendirinya. Nah, untuk mempercepat pengaktifannya klik [Setting] > [General] > [Autolock] lalu set interval waktunya (kalo bisa yang 1 menit).

Hilangkan Equalizer
Tampilan equalizer iPhone boleh dibilang apik sehingga ketika memutar musik dan menjalankan Music Player sering menampilkannya. Lebih baik matikan saja fitur equalizernya karena bisa mengurangi daya piranti. Matikan lewat [Setting] > [iPod] > [EQ] lalu pilih [Off] untuk menonaktifkan equalizer.

Kurangi Aplikasi
Banyaknya aplikasi akan berpengaruh pada aktifitas kinerja iPhone yang semakin berat. Artinya, jangan memenuhi memori ponsel dengan banyak aplikasi agar kinerja hape tidak keteteran yang mengakibatkan isi baterai cepat terkuras.

Interval Push E-mail
Jika Anda kerap menggunakan iPhone untuk melakukan push e-mail lewat fitur Fetch/Push Data, jangan aktifkan fitur ini untuk menarik e-mail setiap waktu. Aktifkan dalam waktu tertentu saja untuk menarik pesan. Anda bisa mengatur interval waktu setiap 15 menit hingga satu jam. Caranya, klik [Setting] > [Mail, Contacts, Calendars] > [Fetch New Data], atur menu “Push” ke opsi [Off] untuk menonaktifkan push e-mail. Untuk mengatur intervalnya ke 1 jam, pilih opsi [Hourly]. Jika ingin mengatur penarikan pesan secara manual dan mematikan fitur otomatis (Auto Fetch) pilih [Manually].

Menghabiskan Sisa Daya Baterai
Biasanya pengguna hape jarang yang men-charge hape dalam kondisi baterai benar-benar habis. Sebelum hape mati, pasti udah diisi lagi. Nah, salah satu cara agar baterai tetap awet, cobalah sebulan sekali untuk membiarkan baterai hape benar-benar habis. Setelah benar-benar habis, barulah diisi ulang. Lakukan dikala akhir minggu atau akhir bulan.
www.dinomarket.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

cara menampilkan youtobe di blog

Cara Memasang Widget Video Di Sidebar 1. Masuk ke Blogger.com 2. lalu cari Tata Letak 3. alu klik widget sidebar 3. Gadget pilih HTML / Java...